Home / Info / Berikut 10 Penyebab RAM Cepat Penuh Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Ram Cepat Penuh
Penyebab Ram Cepat Penuh

Berikut 10 Penyebab RAM Cepat Penuh Dan Cara Mengatasinya

Apakah anda pernah mengalami dimana laptop ataupun komputer anda anda lemot saat anda tenggah mengoprasikan? Pastinya hal tersebut akan terasa meneybalkan. Waktu anda akan terbuang percuma karena hanya nunggu proses aplikasi yang anda jalankan sedang macet. Apalagi bagi anda yang pekerja kantoran dan mengejar tugas deadline tentunya hati akan terasa kesal dan ingin marah marah. Biasanya penyebab komputer lemot adalah RAM yang penuh menjalankan aplikasi. Pastinya anda pernah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dan tidak kita sadari komputer kita akan mengalami crash, namun terkadang ada beberapa kasus dimana komputer anda sangat lamot padahal anda belum menjalankan aplikasi apapun. Nah kalu kasus ini biasanya  disebabkan oleh hardware komputer berdebu dan ram yang bermasalah.

Jadi jika RAM anda bermasalah akan sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer anda seperti komputer lemot, komputer macet, blur screen bahkan komputer mati sendiri. Selain RAM bermasalah Penyebab Lain dari masalah di atas adalah RAM anda kurang memadahi. Jadi anda perlu mengupgrade RAM komputer anda agar kinerja lebih stabil dan tidak cepat. Dan apakah anda sendiri sudah tahu apa penyebab dari RAM cepat penuh? Jika belum mari kita simak penjelasan di bawah ini tentang penyebab RAM cepat penuh, di antaranya:

Penyebab RAM Komputer Cepat Penuh

  1. Terlalu Banyak Aplikasi Start-Up

Aplikasi Start-Up Terlalu Banyak
Aplikasi Start-Up Terlalu Banyak

Apakah anda tahu apa itu aplikasi Start-up? Aplikasi start-up adalah aplikasi yang berjalan sendiri setelah komputer menyala (startup). Jika anda ingin tahu apa saja yang termasuk aplikasi start-up pada komputer anda. Anda dapat mengeceknya dengan masuk ke menu Command Prompt dan ketikan msconfig kemudian tekan ENTER. Biasanya software yang termasuk startup adalah aplikasi yang cukup penting seperti software antivirus, firewall dan beberapa aplikasi pembantu. Tetapi kadangkala ada beberapa aplikasi yang tidak perlu ikut serta ke aplikasi start-up. Namun terkadang banyaknya aplikasi yang berjalan dan mengakibatkan RAM banyak terisi sejak komputer dinyalakan. Hal tersebutakan berakibat kapasitas RAM akan berkurang drastis untuk proram lain, selain itu kapasitas RAM pada komputer akan cepat penuh. Untuk menngatasinya anda dapat mengurangi aplikasi yang berjalan pada start up. Dan aplikasi lain cukup biarkan dan gunakan saat kita membutuhkanya.

  1. Banyaknya Service Atau Layanan Yang Berjalan

Layanan Service Pada Komputer
Layanan Service Pada Komputer

Seperti dengan startup, layanan service pun akan berjalan secara otomatis sejak komputer dinyalakan. Tidak jarang aplikasi lain ikut berjalan mengikuti service dan memenuhi RAM komputer seperti layanan Svchost.exe yang banyak di temui memakan banyak kapasitas RAM. Untuk mengatasinya anda dapat menghentikan layanan Service agar ruang RAM pada komputer anda bertambah.

  1. Kapasitas RAM Kurang

Kapasitas Ram Kurang
Kapasitas Ram Kurang

Kapasitas yang kurang memadai juga akan berdampak cepat penuhnya kapasitas RAM komputer anda. Apalagi aplikasi terbaru akan condong memakan memori yang banyak di banding aplikasi lawas,dikarnakan aplikasi terbaru meningkatkan fitur serta kualitas program yang nantinya akan membutuhkan RAM lebih untuk menjalankanya. Jadi jika anda menggunakan apliksi aplikasi terbaru tambahlah kapasitas RAM anda.

  1. Memory Bermasalah

Memory Bermasalah
Memory Bermasalah

Pemeriksaan terhadap memori juga sangatlah penting karena jika RAM anda berdebu ataupun kotor akan menyebabkan komputer anda bisa hang bahkah merestart sendiri. Selain itu jika memery anda bermasalah komputer tidak bisa menampilkan display pada monitor.  Jika memory anda brmasalah,  gosoklah pin memory menggunakan penghapus. Cara tersebut sangatlah ampuh untuk memperbaiki ram bermasalah.

  1. Adanya Malware Atau Virus Komputer

Adanya Malware dan Virus
Adanya Malware dan Virus

Ketika komputer serangan virus maka komputer anda akan lemot. Dikarenaka jika anda menjalankan software yang terkena virus, maka virus atau malware akan request proses berulangkali, hal tersebut akan membuat RAM komputer cepat penuh.  untuk menjaga komputer anda terhadap serangan virus Program Antivirus Terlalu Berat

  1. Program Antivirus Terlalu Berat

Software Antivirus Terlalu Berat
Software Antivirus Terlalu Beratp8o

Tahukah anda bahwa terdapat banyak sekali macam macam antivirus, jadi anda dapat memilih antivirus tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Dari setiap macam macam jenis tesebut tentunya masing masing memilki kekurangan dan kelebihan tersendiri, nah bagi anda yang mau memasang antivirus jangan hanya memandang kelebihanya saja. Dikarenakan beberapa antivirus cukup berat untuk di jalankan jadi anda harus benar benar bisa memilih yang tepat untuk pc anda, karena kebanyakan penngguna komputer menggunkan antivirus dan anti mailware. Nah hal tersebut tentunya tidak efektif karena akan memakan memory komputer lebih yang nantinya membuat pc anda lemot. Namun alangkah baiknya anda tidak usah menggunakan antivirus karena setiap pc windows sudah di lengkapi windows defender.

  1. Update Sistem Operasi (windows)

Update Sistem Operasi
Update Sistem Operasi

Sama dengan software lainya, vendor sistem operasi juga akan terus melakukan pengembangan dan perbaikan dari sistem operasi buatanya. Dan terutama bagi anda pengguna windows alangkah baiknya selalu update sistem operasi tersebut, pasalnya windows selalu di update oleh microsft. Keuntungan anda mengudate sistem operasi adalah meningkatkan keamnaan komputer, dan menyelesaikan berbagai masalah pada memory.

  1. Update Driver

Update Driver
Update Driver

Apakah anda sudah tahu apa itu driver, driver merupakan program khusus yang di buat agar sistem sistem operasi bisa berkomunikasi dengan perangkat keras yang terhubung kepada komputer. Misalnya Wlan driver untuk komputer bisa terhubung ke jaringan, sound driver untuk suara dan masih banyak lagi. Namun jika driver tersebut mengalami masalah seperti crash dengan sistem operasi, maka driver tersebut akan memakan RAM yang banyak dan membutuhkan kinerja CPU yang tinggi. Jadi untuk menghindari hal tersebut terjadi lakukanlah update driver agar prangkat keras yang terhubung ke dengan komputer anda kompetble.

  1. Terlalu Banyak Plugin Pada Browser

Plugin Pada Browser
Plugin Pada Browser

Plugin adalah program tambahan yang yang berfungsi menambah berbagai layanan pada browser. Plugin ini akan berjalan secara otomatis saat anda mengaktifkan browser, nah hal tersebut akan memakan kapasitas memory yang lebih pada komputer anda. Jadi sebaiknya batasi penggunan plugin pada browser anda.

  1. Program yang berjalan Di Backround

Program Berjalan Pada Backround
Program Berjalan Pada Backround

Penyebab Ram cepat penuh yang terakhir adalah terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di backround. Semakian banyaknya aplikasi yang berjalan maka akan semakin banyak pula kapasitas Ram yang termakan. Namun juga sering kali virus berjalan di backround tanpa anda ketahui. Jadi anda dapat mengahentikan aplikasi yang berjalan di backround agar menambah kapasitas ram anda.
Nah itu tadi penyebab ram cepat penuh dan cara mengatasinya, jadi sekarang anda tahu apa saja penyebab dari Ram cepat penuh. Jadi anda jug bisa menambah kapasitas ram komputer anda agar kinerja lebih cepat dan tidak cepat penuh. Semoga bermanfaat.

 

 

Periksa juga

Berikut 12 Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya

Printer merupakan perangkat output komputer yang memiliki fungsi sebgai mencetak dokumen dari komputer ke media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *