Home / Info / Tips Membeli Kamera Dslr Bekas dan Berkualitas
Kamera DSLR
Kamera DSLR

Tips Membeli Kamera Dslr Bekas dan Berkualitas

Hadirnya dunia teknologi yang semakin berkembang, keberadaan kamera Dslr kini menjadi salah satu pilihan kamera yang banyak diminati oleh banyak orang, terutama bagi mereka fotografer. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Karena adanya perkembangan dari kamera Dslr yang semakin maju dan canggih ini banyak membuat para fotografer ataupun mereka yang memiliki hobby di dunia fotografi, agar memiliki kamera Dslr tersebut sebagai alat potret yang canggih nan berkualitas. Degan adanya teknologi kamera Dslr tersebut kini telah menjadi angin segar bagi mereka yang menginginkan sebuah hasil gambar yang menawan dan berkualitas professional. Namun harga dari kamera Dslr tersebut juga bukanlah terbilang murah, pasalnya kamera Dslr ini telah memiliki perkembangan dari waktu ke waktu dan menyuguhkan sebuah pengalaman baru dalam hal foto dengan hasil yang menawan dan tentunya berkualitas.

Kamera DSLR Terbaik
Kamera DSLR Terbaik

Namun bagi anda yang ingin merasakan bagaimana sensasi menggunakan kamera Dslr ini, dan saat ini menginginkan untuk membeli sebuah kamera Dslr namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk membeli baru, anda juga bisa untuk membeli sebuah kamera Dslr ini dalam kondisi second atau bekas. Sehingga anda juga dapat merasakan sensasi ber-foto dengan menggunakan kamera Dslr ini. Namun dalam memilih ataupun membeli kamera Dslr terbaik bekas tersebut anda juga terlebih dahulu harus benar –benar memahami dan check terlebih dahulu kamera bekas yang hendak anda beli tersebut. Hal tersebut dirasa memanglah cukup penting agar anda dapat membeli dan mendapatkan sebuah kamera Dslr bekas namun memiliki kualitas layaknya baru, dan tidak mengecewakan anda. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai hal – hal dan tips membeli kamera Dslr bekas dan berkualitas.

Berikut Tips Membeli Kamera DSLR Bekas Berkualitas, antara lain :

1.Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Saat ini memang telah banyak jenis kamera DSLR, baik dari berbagai merk ataupun seri-nya. Kamera DSLR ini sendiri juga telah banyak diciptakan sesuai dengan kebutuhannya masing – masing.  Misalnya kamera DSLR untuk pemula (newcomers), untuk peng-hoby fotografi (advanced) dan ada pula yang diciptakan khusus untuk mereka para fotografer professional.

Lepas dari itu semua, bila dilihat dari segi bentuknya kamera DSLR ini memanglah sama persis. Namun pada setiap seri-nya kamera DSLR ini memiliki sebuah fitur – fitur serta kelebihan yang berbeda – beda.

2.Periksa Jumlah Shutter Count (SC)

Shutter Count Kamera DSLR
Shutter Count Kamera DSLR

Sebuah kamera DSLR ini memiliki berbagai komponen mekanis yang bekerja dengan bergerak, dan sehingga membuat hal tersebut semakin lama juga akan semakin turun peformanya. Sehingga membuat hal tersebut untuk berkala dalam dilakukannya pengecekan ataupun servis. Dalam kamera DSLR ini juga memiliki batasan Cycle Shutter yang dimana hal tersebut perlu dilakukan penggantian mekanis untuk keseluruhannya. Untuk mengetahui berapa panjang masa pakai dari sebuah kamera, anda bisa mencarinya di internet ataupu menanyakan kepada orang tertentu yang paham tentang hal ini. Pada umunya, kebanyakan masa pakai dari kamera DSLR ini antaRA 100.000 HINGGA 300.000 shoot. Namun tak sedikit pula kamera DSLR yang juga masih layak pakai meskipun sudah melebihi batas shoot pada umumnya. Maka dari itu melakukan pengecekan pada hal ini memanglah amat penting untuk mengetahui jumlah Shutter Count-nya sebelum membelinya.

3.Ketahuilah Berbagai Macam Informasi Mengenai Kamera DSLR Tersebut

Sebelum membeli sebuah kamera DSLR dalam keadaan bekas, alangkah baiknya anda terlebih dahulu untuk mengetauhi ataupun mencari berbagai macam informasi mengenai kamera tersebut. Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada orang – orang disekitar anda yang mengerti tentang hal ini, ataupun anda juga bisa mencari lebih banyak informasi di Internet.

Ada banyak hal yang perlu anda ketahui mengenai kamera DSLR bekas tersebut, salah satunya sebaiknya anda memahami terlebih dahulu kelebihan maupun kekurangan dari sebuah kamera yang hendak anda beli tersebut, baik itu dari berbagai macam merk dan seri-nya. Hal tersebut bertujuan agar anda nantinya dapat memilih serta membeli sebuah kamera DSLR bekas dan berkualitas sehingga masih layak pakai.

4.Periksa Fungsi Fitur Kamera

Fitur Kamera DSLR
Fitur Kamera DSLR

Nah untuk yang satu ini memanglah salah satu tips yang sangat penting saat anda hendak membeli sebuah kamera dalam keadaan bekas. Karena fitur – fitur kamera inilah yang nantinya berperan sangat penting dalam peforma kamera tersebut. Berikut fitur – fitur yang wajib anda chek sebelum membeli kamera DSLR bekas :

  • Pixel Kamera DSLR

    Pixel Kamera DSLR
    Pixel Kamera DSLR

Pixel kamera ini berperan amat penting dalam kualitas gambar yang telah anda potret. Pasalnya gambar yang dihasilkan dari kamera digital ini tak lain adalah hasil dari kumpulan pixel warna yang terakam melalui sensor warna (CCD) yang akan muncul pada LCD monitor. Namun tak sedikit pula kasus yang sering terjadi saat membeli kamera bekas yakni adanya Dead-Pixel atau tidak berfungsinya beberapa pixel sehingga hal ini akan muncul adanya bintik hitam pada foto yang dihasilkan.

Masalah semacam ini biasa terjadi pada LCD dan juga CCD. Nah jika dead-pixel ini terjadi pada LCD, maka hal ini tidak akan berpengaruh

pada hasil gambar nantinya. Namun apabilah dead-pixel tersebut terjadi pada sensor CCD, maka ha ini akan berpengaruh pada gambar yang dihasilkan dan akan terlihat jelas apabila gambar hasil potret tersebut sudah dipindah pada Laptop maupun saat dicetak.

  • Shutter Count Kamera DSLR

    Shutter Count Kamera DSLR
    Shutter Count Kamera DSLR

Untuk shutter count ini sudah saya jelaskan di nomor 2, jadi kita langsung next aja yaa.

  • Lensa Kamera DSLR

    Lensa Kamera DSLR
    Lensa Kamera DSLR

Nah salah satu kelebihan memiliki sebuah kamera DSLR ini adalah dapat tetap berfungsi dengan baik meskipun sudah sering kali ganti lensa kamera. Maka dari itu sebaiknya sebelum membeli kamera tersebut, pastikan terlebih dahulu kondisi lensa untuk tetap dalam kondisi masih bersih, bagus dan tidak ada tanda – tanda cacat sedikitpun serta masih dapat bekerja dengan baik.

  • Sensor Kamera D-SLR

    Sensor Kamera D-SLR
    Sensor Kamera D-SLR

Meskipun dapat bergonta – gannti lensa, hal tersebut akan memberitahu anda bahwa kamera ini juga memiliki sebuah kekurangan yakni adanya debu atapun kotoran yang mudah masuk pada sensor kamera, sehingga menimbulkan noda pada hasil foto. Hal ini akan terlihat dengan jelas apabila anda memotret dengan menggunakan diafragma bukaan kecil, maka noda akan terlihat semakin jelas. Meskipun noda tersebut dapat dibersihkan, namun alangkah baiknya anda membeli dalam keadaan bersih.

  • Body Kamera DSLR

    Body Kamera DSLR
    Body Kamera DSLR

Meskipun terbilang tidak lah begitu penting, namun body kamera ini juga akan memberitahu anda tentang kerusakan pada sebuah kemera tersebut. Persiksalah kondisi body kamera tersebut secara teliti. Karena tak jarang pula lecetan pada body kamera tersebut terjadi akibat kamera jatuh, benturan, ataupu  terkena benturan keras. Sehingga hal tersebut perlu anda waspadai karena bisa jadi hal terebut juga menimbulkan kerusakan pada komponen dalam kamera. Selain itu, pastikan tombol dapat bekerja dengan  baik, flas internal masih dapat menyala, hotshoe juga masih berfungsi dengan baik. Serta jangan lewatkan juga untuk mengecek bagian dari slot baterai dan juga slot memori, pastikan kedua slot tersebut dapat berfungsi dengan baik.

5.Belilah Kamera Sesuai Dengan Isi Dompet Anda (uang)

Membeli sebuah kamera dengan harga yang sesuai dengan keuangan anda memanglah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya saat ini banyak kamera yang menawarkan harga cukup mahal, dan tentu hal tersebut juga dibarengi dengan adanya kualitas serta fitur – fitur canggih. Namun juga perlu anda waspadai meskipun kamera yang ditawarkan memiliki harga yang relatif mahal, belum tentu kondisi kamera tersebut dalam peforma yang baik. Sehingga hal tersebut membuat anda untuk lebih berhati – hati dan tidak tegesa – gesa dalam membeli sebuah kamera bekas tersebut. Dan alangkah baiknya anda untuk membandingkan harga tersebut dengan kamera lain dari berbagai penjual kamera bekas tersebut.

6.Carilah Referensi Kamera

Hal yang satu ini memanglah cukup penting untuk anda lakukan sebelum membeli sebuah kamera DSLR bekas. Sebelum anda benar – untuk membeli kamera bekas tersebut alangkah baiknya untuk cek secara keseluruhan dan bertanya – tanya mengenai harga dan kelebihan dari kamera tersebut terhadap orang lain ataupun teman anda yang benar paham tentang hal ini, ataupun anda bisa mencari informasi di Internet mengenai harga pasaran dari kamera tersebut sesuai dengan merek dan seri-nya.

Periksa juga

Resiko Pembisnis Online Pemula

5 Resiko Bagi Pembisnis Online Pemula dan Cara Mengatasinya

Berbisnis merupakan salah satu cara yang sering kali dilakukan oleh banyak orang untuk meraih kesuksesan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *